Senin, 08 Juli 2013

BERBURU KALKUN, TERLANGKA SEDUNIA


apakah anda tertarik???
Berburu rusa? Biasa. Berburu ayam? Biasa. Nah yang satu ini saya akan memperkenalkan  pemberburuan yang hanya ada satu-satunya di dunia, yang unik dan menarik dan yang menantang, BERBURU KALKUL. Pada saat ini saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan fieldtrip mahasiswa Semester IV, Studi Produksi Ternak, Politeknik Negeri Lampung Program beserta pada dosen dan rekan Calon Dosen Akademi Komunitas di daerah peternakan Kabupaten Pring Sewu.
Sebelum saya berbagi informasi tentang kegiatan tersebut, saya akan menjelaskan sedikit tentang kalkun dan mengapa kalkul kini menjadi salah satu komuditas ternak yg mulai dikembangkan dan dilirik oleh peternak dalam negeri bahkan luar negeri.
Kalkun atau yang disebut M. MELEAGRIS adalah salah satu jenis unggas asli amerika utara. Kini kalkul menjadi sumber pangan/protein hewani yang penting di berbagai negara maju seperti merika,canad, israel,jerman, prancis, itali, Inggris, Belanda, Australia dll. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi kalkul juga memiliki beberapa manfaat. Daging kalkun memiliki kandungan gizi yang hampir ideal untuk pemenuhan gizi dan pemulihan kesehatan manusia, karena mengandung protein 20-24%, dengan asam amino essensial yang lengkap dan kaya akan lysine, disamping dapat memperbaiki nafsu makan anak, juga berperan mmbentuk jaringan otot dan otak anak agar masa tumbuh dan berkembangnya sempurna, terutama sejak dalam kandungan ibu sampai anak tersebut berumur 6 tahun. Sehingga daging kalkun sangat bermanfaat untuk anak-anak anda agar tumhuh sehat dan cerdas.
Daging kalkun memiliki kandungan lemak yang sangat rendah (4-7%) dengan total kolesterol yang hampir mencapai 0%, sehingga anda tak perlu khawatir dari penyakit kolesterol dan obesitas saat megkonsumsi daging kalkun. Kandungan lemak tak jenuh/lemak esensial (omega 6 dan asam oleat/minyak zaitun) yang tinggi dalam daging kalkun lebih menjamin kesehatan jantung anda. Sedangkan asam oleat memiliki sifat inflamsi/ anti radang yang kuat yang berfungsi untuk mangurangi rasa sakit dan pembengkakan. Asam oleat inilah yang menjadikan rasa daging kalkun menjadi lebih istimewa.
Daging kalkun juga menjadikan vitalitas anda tetap prima. Hal tersebut dikarenakan daging kalkun kaya mineral zinc yang juga membuat rambut anda tumbuh sehat dan indah. Selain itu daging kalkun juga diperkaya dengan kandungn mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan sodium serta vitamin yang penting seperti niacin, B6 dan B 12. Selenium dipercaya bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan tryptofan dalam dahing kalkun menjadikan anda tidur dengan nyenyak, cukup hya dengan mengkonsumsi 100 gram sebelum tidur. 
Peternakan Kalkun yang dikelola oleh MITRA ALAM ini membudidaya kalkun tanpa antibiotik dan alami. Jadi untuk anda yang ingin mengkonsumsi daging tersebut tidak perlu khawatir karena daging yang dijual aman dari bahan kimia antibiotik. 

CARA MENGOLAH DAGING KALKUN
Tidak susah untuk mengolah daging kalkun ini, caranya mudah saja karena dagingnya padat dan empuk. kalkun dipanen pada usia 3-5 bulan saja, dan daging kalkun terkenal memiliki rasa yang khas dan istimewa. Tidak berbeda dengan cara memasak daging ayam atau daging lainnya, dengan bumbu yang relatif lebih hemat dapat diolah menjadi kalkun panggang/guling (reasted Turkey), steak, sate, goreng tepung, goreng tempura, goreng mentega, sop, opor, gulai, rendang, rolade, untuk nasi goreng bahkan soto dan bakso.

HARGA DAGING KALKUN
Harga daging yang ditawarkan oleh MITRA ALAM memang terbilang cukup mahal, tapi rasa dan kepuasannya sebanding dengan kocek yang anda keluarkan. Berikut adalah daftar harga maca-macam bentuk daging kalkun :
No
Nama Produk
Berat
Harga
1.
Kalkun hidup
2-3 kg
Rp.   55.000
2.
Karkas Kalkun
2-3,5 kg
Rp.   67.500
3.
Kalkun guling utuh
2-3,5 kg
Rp. 110.000
4.
Fillet steak dengan bumbu
150 gram
Rp.   25.000
5.
Fillet slice
500 gram
Rp.   67.500
Apabila anda ingin mengikuti BERBURU KALKUN di peternakan MITRA ALAM, peternakan tersebut menyediakan jasa untuk mengolah hasil buruan yang anda peroleh, biaya yang dikenakan yaitu :
No
Nama Produk
Berat
Harga
1.
Jasa Masak Kalkun Guling
2-3 kg
Rp. 100.000


3-4 kg
Rp. 115.000


. 4 kg
Rp. 125.000
2.
Sewa alat dan bumbu

Rp.   75.000
Apa anda tertarik untuk menjadi pemburuan langka pertama???? Berburu kalkun di MITRA ALAM?? Anda bisa langsung datang ke alamat:
MITRA ALAM
PETERNAKAN KALKUN
PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PERDESAAN SWADAYA (P4S)
JL. BETARA – DESA SUKOHARJO I, KAB. PRING SEWU – LAMPUNG
Email : @bambangc.mitraalam@yahoo.co.id
Website @kalkun-indonesia.blogsopt.com

Kenampakan Kalkun di MITRA ALAM
         Peternakan tersebut terletak di dataran tinggi yang akses jalannya memang agak susah dilalui. namun tempat itu masih asri dan alami.. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa Polinela adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang peternakan kalkun  melalui diskusi secara langsung dengan pemilik peternakan.
Suasana Desa Sukoharjo
 Kegiatan yang dilakukan mahasiswa Polinela adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang peternakan kalkun  melalui diskusi secara langsung dengan pemilik peternakan.

Kegiatan saat Diskusi
 
Saya bersama rekan Calon Dosen Akademi Komunitas, Emili Liliani

Rekan Dosen AK Diah Reni, Anis dan Rusmiyati
Sumber : Brosur Daging Kalkun (TURKEY MEAT). 2013. Mitra Alam, Pringsewu, Lampung.

2 komentar:

  1. trimakasih atas tulisannya ya...
    semoga sehat dan sukses selalu..

    http://kalkun-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ASS. MAS BAGI - BAGI ILMUNYA YA. wASS

    BalasHapus